Jumat, 28 Desember 2012

Apakah Lupa Merupakan Faktor Genetika ?





Hallow ... Bingung dengan pertanyaan ini. Saya akan mencoba menjawab pertanyaan diatas sesuai dengan kemampuan yang pernah saya baca dan saya dengar.

Lupa / Pikun / Alzheimer, begitulah sebutan masyarakat untuk penyakit yang satu ini. yappss ini adalah suatu penyakit yang juga bisa mematikan  jika kita membiarkannya terus menggerogoti otak kita. Contoh kecilnya misalnya pada saat hendak bepergian kamu LUPA mematikan api kompor , Nahhhh bayangkan saja jika ini benar-benar terjadi pada kehidupan anda (bayangin aja ya, jangan dipraktikan). Bisa repottt toh ?


Penyakit Alzheimer adalah penyakit genetika, namun peran penting faktor non-genetika (lingkungan) juga ikut terlibat, dimana faktor lingkungan sebagai pencetus faktor genetika. Nah penyakit ini sendiri di sebabkan oleh berbagai hal, misalnya :
- Kematian sel otak
- Kelainan Genetika (seperti neurotransmiter, defisit formasi sel-sel filament, presdipososo herifiter)
- Faktor Luar (Seperti intoksikasi logam, gangguan fungsi imunitas, infeksi virus, polusi udara/industri   trauma, dll)
- Faktor Makanan atau minuman yang mengandung logam berat.

Penyakit ini juga tidak menutup kemungkinan diderita oleh umur dibawah 60 Tahun. Penyakit Alzheimer memang tidak menular namun dapat diturunkan. Jika orangtua memiliki riwayat Alzheimer, Risiko menurun pada anaknya cukup besar.

Jika ada masalah tentu harus ada solusinya, Berikut solusi meringankan Alzheimer :
- Gaya hidup sehat, olahraga, makan dan minuman yang segar (bebas radikal karena ini dapat merusak sel-sel tubuh),  tidak merokok maupun mengkonsumsi alkohol
- Menjaga kebugaran otak, misal dengan membaca, mengulangi pelajaran, atau membuat kreativitas
- Bisa juga dengan bermeditasi
- Biasakan minum air putih, kurang minum berarti kurang oksigen, akibatnya sel-sel otak kurang aktif dan tidak berkembang, bahkan bisa menciut dan otak tidak bisa menjalankan fingsi sebagaimana normalnya. nah inilah yang membuat seseorang gampang LUPA sulit konsentrasi dan LEMOT.

Jika ada pertanyaan yang lebih lanjut, hubungi dokter terdekat.
Terima kasih

Tidak ada komentar:

Posting Komentar